Kesalahan logika di Film yang segaja dibuat untuk kenyaman penonton

Anda ingat film seperti The Martian, Interstellar, dan Gravity; semuanya tentang ruang dan orang-orang dalam pakaian antariksa.

Lihat screenshot yang diambil dari film luar angkasa ini (saya ingin menunjukkan sedikit detail. Anda bisa melihat wajah mereka dengan jelas, bukan? Mereka memiliki lampu di dalam helm luar angkasa.)

Lampu di dalam helm luar angkasa adalah sesuatu yang hanya ditemukan di film. Helm ruang angkasa nyata tidak memiliki lampu di dalamnya.

Mengapa? Karena mereka tidak memiliki tujuan yang nyata.

Jika helm luar angkasa sungguhan memiliki lampu di dalamnya, astronot tidak akan dapat melihat apa pun saat mereka memakainya.

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, bayangkan ini:

Anda berada di kamar Anda pada malam hari. Tetangga gila Anda merencanakan sesuatu lagi. Anda ingin memata-matai mereka karena Anda bosan dan sedikit usil.

Apa yang kamu kerjakan? Anda mematikan lampu kamar tidur Anda. Karena jika aktif, mereka akan melihat Anda di dekat jendela dan tahu Anda sedang memata-matai lagi. Anda tidak akan bisa melihatnya dengan baik jika lampu kamar Anda menyala, tetapi mereka akan melihat Anda dengan jelas.

Saat Anda mengemudi di malam hari, Anda mematikan lampu interior mobil Anda sehingga Anda dapat melihat jalan dan segala sesuatu di sampingnya dengan lebih baik.

Anda dapat melihat suatu objek dengan jelas saat berada di area dengan cahaya lebih sedikit dan objek berada di area dengan lebih banyak cahaya.

Jika Anda berada di area dengan lebih banyak cahaya, Anda tidak dapat melihat objek dengan jelas jika berada di area dengan cahaya lebih sedikit.

Astronot perlu melihat keluar dan melihat sekelilingnya, jadi cahaya terang di wajah mereka tidak akan ada gunanya.

Cahaya terang bahkan mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan. Astronot tersebut mungkin menjadi buta karena pantulan dari visor.

Orang mungkin bertanya-tanya, bagaimana dengan komunikasi antar astronot? Mungkin helm mereka membutuhkan lampu interior agar bisa melihat satu sama lain dengan lebih baik?

Tidak perlu melihat wajah satu sama lain. Jika mereka ingin berkomunikasi, mereka memiliki headset bawaan yang menghubungkan mereka ke tanah dan satu sama lain.

Helm ruang angkasa sebenarnya memiliki lampu di bagian luar helm, seperti ini:

Ini praktis; lampu eksterior akan menyala dan menerangi area yang dilihat oleh astronot.

Jika Anda melihat seorang astronot dengan pakaian luar angkasa, Anda tidak akan dapat melihat wajah mereka dengan sangat jelas , seperti di film.

Mars

Sebaliknya, Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Lampu interior helm luar angkasa dalam film ada untuk kenyamanan penonton – sehingga penonton dapat melihat ekspresi wajah aktor dan memahami ceritanya dengan lebih baik. Itu bukan sesuatu yang digunakan dalam kehidupan nyata.

Tinggalkan Balasan