Alasan Mengapa dibutuhkan kartu grafis untuk memainkan game dengan grafis tinggi?

Pada dasarnya semua yang mampu dilakukan CPU pada 60 frame per detik adalah melacak posisi objek layar dalam bentuk poligon. Setelah wireframe virtual dibuat, tugas “mengecat” wireframe diserahkan ke banyak, banyak core di dalam GPU.

Itulah mengapa kartu level awal seperti GT 710 sangat lamban. Mereka hanya memiliki 96 atau 192 core GPU dan kartu menjadi kewalahan mencoba membuat tekstur dan efek pencahayaan tanpa menurunkan level detail.

Kartu grafis yang bagus memiliki sekitar 1500 core GPU, sedangkan kartu yang sangat bagus memiliki 2500 core atau lebih. Dengan begitu banyak core. tugas rendering yang sangat besar dapat dilakukan hampir secara instan karena ada begitu banyak core GPU yang mengerjakan pekerjaan itu.

Hanya untuk iseng, ketika saya menyiapkan PC terkadang saya akan menjalankan beberapa benchmark 3D sebelum driver kartu grafis dipasang. Ini, pada dasarnya, menjadi tolok ukur kinerja rendering 3D CPU.

Saya menyiapkan quad core i5-3570 beberapa minggu yang lalu dan CPU dengan sendirinya membuat sekitar 2,8 frame per detik, pada pengaturan kualitas terendah.

Sebaliknya, laptop dual-core saya yang lambat dengan bantuan GPU terintegrasi mengelola 5.4fps pada pengaturan Ultra dan 8XAA.

Tinggalkan Balasan